Sepertinya Membuka toko online itu mudah, eitt tidak semudah yang Kamu pikirkan fergusoo. Untuk menjalankan atau membuka toko online, Kamu membutuhkan komitmen, komitmen dan juga kerja keras loh. Berikut saya coba jabarkan beberapa kunci sukses membuat toko online agar kita bisa mendapatkan hasil yang banyak :
1. Foto
Produk
Foto produk milik Kamu
harus asli kalaupun Kamu mengambil dari sumber
lain maka editlah terlebih dahulu agar beda dengan milik aslinya.
Editlah tampilan foto produk Kamu semenarik mungkin. Contoh jika Kamu menjual produk fashion, kamu bisa menampilkan foto dengan
manekin atau jika bisnis kamu
cukup berkembang kamu bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Selalu perhatikan kualitas gambar produk kamu. Usahakan
ukuran pixel foto cukup besar sehingga gambar bisa terlihat
jelas dan tidak juga pecah. Dan
juga gambar harus terlihat menarik
calon konsumen Kamu. Kemudian tampilkan gambar dalam tampak depan, samping
dan belakang.
2. Informasi
Produk Lengkap
Kemudian
kamu harus memberikan informasi yang
cukup lengkap mengenai informasi produk
kamu, seperti terbuat dari bahan apa? Ukuran nya apa saja ? Kemudian variasi warna
dan juga detail lainnya.
Semakin lengkap informasi yang di berikan maka akan
semakin menarik minat calon konsumen.
Nah klo sudah lengkap maka si calon konsumen kamu
tidak perlu bertanya lebih banyak kepada kamu.
3.
Kontak
yang Jelas
Setelah foto kemudian dan informasi produk sudah
lengkap maka selanjutnya kamu harus harus mencantumkan kontak kamu, sehingga
calon konsumen dapet menghubungi kamu. Untuk alamat kontak kamu bisa
menggunakan no whatsapp, akun line, akun telegram, ataupun facebook messenger
kamu, hadi si calon konsumen punya pilihan alternative untuk menghubungi kamu
4.
Respon cepat
Saat trafik sudah mulai banyak dan kemudian calon
konsumen menghubungi kamu via
telepon, whatsapp, telegram atau line kamu bisa
segera membalas pesan yang masuk jika kamu dalam kondisi tidak sibuk. Ingat
respon yang cepat dapat meningkatkan closing rate yang tinggi.
5.
Respon calon pembeli meski
terlambat
Meskipun kamu sedang sibuk sehingga terlambat membalas pesan kamu tetap harus memberikan respon
dengan kalimat awal permintaan maaf karena slow respon.
Contoh :
Terimakasih sudah bertanya, saya mohon maaf saat ini slow respon karena sedang ada aktifitas yang sedang di kerjakan. [
jawab pertanyaan konsumen ].
Ingat !!Jangan
diabaikan sama sekali. Jika Kamu abaikan, hal ini akan memberikan kesan
negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.
6.
Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer
pembayaran.
7.
Berikan kepastian dan tepati
Transparansi mengenai stok barang
yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat
diharapkan customer Kamu. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan
ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa
ditepati.
Setelah
barang di kirim berikan resi atau AWB pengiriman kepada konsumen agar konsumen bisa mengecek paket
yang dia order. Dan juga kamu bisa berinisiatif tetap memberikan informasi
berkala status pesanan kepada konsumen.
Setelah
barang sampai di konsumenpun kamu tetap memberikan informasi bahwa barang sudah
sampai dan juga sampaikan rasa terimakasih karena sudah membeli di tempat kamu.
8.
Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki cara
pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas. Sehingga
customer lebih mudah untuk order.
9.
Perincian harga barang dan ongkos
kirim
Berikan rincian harga barang dan
ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.
10. Update
terus menerus
Rajinlah untuk update produk.
Makin sering Kamu update menunjukan bahwa toko online Kamu aktif.
11. Desain
dan navigasi yang ramah
Desain dan navigasi website Kamu
membuat betah calon customer Kamu. Perhatikan juga kemudahan mengakses website
toko online Kamu. Bila perlu Kamu bisa menyiapkan versi mobile untuk website
toko online Kamu. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna ponsel.

No comments: